Manfaat Tanaman Pare Untuk Berbagai Kesehatan Tubuh

Admin Redaksi
Rabu, 12 Juli 2017
Last Updated 2024-01-05T20:22:29Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
masukkan script iklan disini
Manfaat Tanaman Pare Untuk Berbagai Kesehatan Tubuh

Pare merupakan tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama pada daerah India bagian barat, yaiu Assam dan Burma. Tanaman ini adalah anggota suku labu-labuan dari Cucurbitaceae. Biasanya tanaman ini dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai sayuran maupun dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan.

Pare memiliki kandungan ilmiah antara lain energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan air.

Ciri-ciri tanaman pare ini antara lain batangnya bercabang, berbau tidak sedap serta batangnya berbusuk isma, daunnya tunggal dan letaknya berseling berbentuk bulat panjang, dengan panjangnya yang mencapai 3,5-8,5 cm, lebarnya 4 cm, berbagi menjari 5-7, pangkalnya berbentuk jantung dan warnanya hijau tua, bunganya tunggal, berkelamin dua dalam satu pohon, bertangkai panjang dan mahkotanya berwarna kuning, buahnya bulat memanjang, berbintil-bintil tidak beraturan, panjangnya ini mencapai 8-30 cm, rasanya pahit, warna buahnya hijau dan jika buahnya sudah matang akan menjadi warna oranye yang pecah dengan tiga daun buah.

Manfaat pare untuk kesehatan antara lain dapat menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi gangguan pernapasan, melancarkan ASI, melancarkan pencernaan, mengontrol kolestrol, mengobati asma, mencegah pertumbuhan sel kanker pankreas dan berguna untuk membersihkan darah.

Pare juga dapat mengobati kencing nanah dan menyembuhkan cacingan lho. Cara untuk mengobati kencing nanah antara lain cuci daun pare, rimpang temulawak, akar jayanti, kulit kamboja sampai bersih, lalu dipotongkan semua bahan, kemudian rebuskan semua bahan dengan air, tunggu sampai mendidih dan tunggu sampai airnya menjadi tersisa satu gelas, lalu angkat dan tunggu sampai airnya dingin, kemudian saringkan dan ambil airnya, lalu diminum. Lakukan cara ini secara rutin hingga kencing nanah sudah sembuh, dengan minum satu kali sehari.

Cara menyembuhkan cacingan antara lain cuci daun pare sampai bersih, lalu seduhkan dengan air, kemudian tuangkan dengan madu dan adukkan sampai merata, lalu minum airnya sekaligus. Minumlah sebelum makan pagi.

Itulah pengertian dari pare dan asal-usulnya serta kandungan, ciri-ciri dan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan kita. Oh ya, ada juga cara untuk mengobati kencing nanah dan cara menyembuhkan cacingan dengan menggunakan daun pare. Bagaimana mudah bukan caranya? Kalau begitu selamat mencoba dirumah dan semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl